Yuk Gunakan Jasa Asuransi Rumah Kontrakan Agar Tak Ada Kerugian Yang Dialami Pemilik Maupun Penyewa

Sebagian orang menilai bahwa rumah bisa menjadi investasi yang sangat menguntungkan, ya, memang benar. Harga tanah dan bangunan yang semakin melejit akan mengantarkan pemilik rumah pada kesuksesan. Dengan begitu tak sedikit orang yang memiliki banyak rumah memanfaatkan rumah tersebut untuk disewakan atau dikontrakkan.

Yuk Gunakan Jasa Asuransi Rumah Kontrakan Agar Tak Ada Kerugian Yang Dialami Pemilik Maupun Penyewa

Penghasilan dari penyewaan atau rumah kontrakan bisa mencapai puluhan juta rupiah tiap tahunnya, tergantung jumlah kontrakan dan kualitas kontrakan tersebut. Karena rumah merupakan aset bernilai tinggi, maka sangat penting bagi Anda melakukan perlindungan terhadap rumah itu sendiri. Perlindungan maksimal bisa dengan cara asuransi.

Layanan asuransi kini tak hanya tentang kesehatan saja, namun ada pula asuransi rumah kontrakan. Nah, asuransi kontrakan ini sangat menguntungkan bagi pihak pemilik serta pihak penyewa. Bencana bisa terjadi kapanpun, dan saat bencana tersebut sampai pada rumah kontrakan, maka resiko kerugian jumlah besar bisa terjadi.

Misal jika ada bencana longsor, banjir, dan bencana alam lainnya, siapa yang mengalami kerugian jika Anda tidak menggunakan asuransi rumah? Siapa yang bertanggungjawab atas segala kerusakan? Tentunya Anda sebagai pemilik rumahlah yang bertanggungjawab penuh. Namun apabila Anda memiliki asuransi rumah kontrakan, maka kerugian dan kerusakan rumah menjadi tanggung jawab pihak asuransi.

Pihak asuransi juga bertanggung jawab atas kebakaran yang membuat ludes kontrakan Anda. Jadi, dengan adanya asuransi, Anda tak perlu was-was saat terjadi bencana yang menimbulkan banyak kerugian. Beberapa perusahaan asuransi tak hanya menawarkan asuransi rumah atau bangunannya saja, namun sekaligus asuransi isi rumah. Jadi, saat terjadi pencurian, barang-barang yang hilang akan menjadi tanggung jawab pihak asuransi.

Lantas, apa saja aset yang bisa diasuransikan pada beberapa perusahaan asuransi? Ini dia aset-aset rumah yang dilindungi dan bisa dipertanggung jawabkan oleh pihak asuransi:

Bangunan

Tentu hal utama yang diasuransikan adalah bangunan. Bangunan rumah yang mengalami kerusakan akibat bencana alam atau kebakaran yang tidak sengaja bisa dipertanggung jawabkan oleh pihak asuransi. Pihak asuransi akan membangun kembali atau memperbaiki rumah yang telah rusak seperti keadaan semula. Biaya yang dikeluarkan pun dari pihak asuransi, sesuai perjanjian dan kesepakatan awal.

Perabot rumah tangga

Asuransi rumah kontrakan tak hanya soal bangunan, namun juga perabot rumah tangga yang dimiliki. Perabot rumah tangga yang Anda miliki bisa diasuransikan pada pihak asuransi yang menawarkan hal tersebut.

Saat terjadi pencurian, kebakaran, atau bencana lain yang mengakibatkan perabot rumah rusak bahkan hilang, Anda bisa melaporkannya pada perusahaan asuransi. Setelah itu, kerugian yang dialami akan menjadi tanggung jawab pihak asuransi, bukan lagi menjadi tanggung jawab pemilik ataupun penyewa.

Mesin

Jika di rumah atau kontrakan Anda memiliki beberapa perabot berupa mesin, seperti kulkas, mesin cuci, AC, dan lainnya, maka bisa juga diasuransikan. Apabila mesin tersebut rusak karena bencana tertentu, kerugian atas kerusakan tersebut akan dipertanggungjawabkan oleh pihak asuransi.

Barang dagangan

Beberapa orang memanfaatkan rumah kontrakan tak hanya sebagai tempat tinggal saja, melainkan sebagai tempat usaha. Sebagian orang membuka warung yang menyatu dengan rumah. Barang dagangan yang ada bisa pula Anda asuransikan pada perusahaan asuransi yang menerima asuransi barang dagangan. Jadi, saat terjadi pencurian atau kebakaran, kerugian bukan lagi menjadi tanggung jawab Anda, melainkan pihak asuransi.

Listrik

Saat terjadi bencana kebakaran, petir, ledakan, dan sebagainya, cenderung mengakibatkan saluran listrik bermasalah. Pada akhirnya Anda harus memasang kembali saluran listrik yang baru, dan pastinya membutuhkan biaya tak sedikit. Namun dengan mengasuransikannya, Anda tak lagi mengeluarkan biaya saat terjadi masalah listrik. Kerugian atas kerusakan tersebut akan dipertanggungjawabkan oleh pihak asuransi.

Jadi selain asuransi rumah kontrakan berupa bangunan, Anda juga bisa mengasuransikan isi rumah kontrakan, mulai dari perabot, barang dagangan, mesin-mesin, hingga aliran listrik. Namun sebelum asuransi, alangkah lebih baiknya Anda memilih perusahaan asuransi yang benar-benar terpercaya, menguntungkan bagi Anda, serta menanggung banyak resiko.

Pemilihan perusahaan asuransi rumah kontrakan yang bijak tak hanya memberi keuntungan bagi pemilik rumah saja, namun juga bagi penyewa rumah. Biaya asuransi sendiri bisa Anda bagi dua atau sesuai perjanjian antara pemilik rumah dengan penyewa rumah. Dengan begitu tak ada pihak yang merasa dirugikan dan merasa paling untung.