Ada Banyak Rumah Dikontrakan Di Surabaya, Namun Dengan Tips Ini Anda Akan Mendapat Kontrakan Terbaik

Ada Banyak Rumah Dikontrakan Di Surabaya, Namun Dengan Tips Ini Anda Akan Mendapat Kontrakan Terbaik

Surabaya merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia yang sekaligus menjadi kota industri terbesar kedua setelah Jakarta. Dengan alasan itulah banyak orang yang memilih tinggal di Surabaya baik dalam kurun waktu tertentu ataupun menetap tinggal di Surabaya.

Nah, sebagian orang yang hanya tinggal untuk beberapa bulan, memutuskan untuk mengontrak karena biaya yang dikeluarkan jauh lebih ringan dibanding membeli rumah. Bagi Anda yang berasal dari luar kota namun ingin mengontrak di Surabaya harus ekstra hati-hati dalam memilih rumah kontrakan.

Rumah dikontrakan di Surabaya terdiri dari berbagai macam tipe, desain, dan harga. Anda pun harus memperbandingkan hal tersebut, jadi jangan hanya survei satu kontrakan saja, namun lakukanlah survei pada beberapa rumah kontrakan di Surabaya.

Hal-hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih rumah kontrakan di Surabaya sendiri tak hanya dari tipe, desain, dan harganya saja, melainkan dari segi lokasi juga.

Untuk lebih jelasnya perhatikanlah tips memilih rumah dikontrakan di Surabaya berikut ini:

Pertimbangkan harga

Harga selalu menjadi hal utama dalam proses jual beli serta sewa menyewa. Sesuaikanlah harga rumah kontrakan dengan kondisi keuangan Anda. Jangan sampai budget yang dikeluarkan untuk membayar sewa melebihi batas sehingga kebutuhan lain menjadi tidak terpenuhi.

Pertimbangkan pula masalah pembayaran biaya sewanya, pilihlah pembayaran setiap sebulan sekali atau setahun sekali. Sesuaikan periode pembayaran dengan kondisi finansial, misal jika Anda memiliki penghasilan tiap bulan, lebih baik membayar sewa kontrakan pun tiap bulan.

Harga rumah dikontrakan di Surabaya adalah berkisar 6 juta hingga 25 juta per tahunnya. Jadi sebelum memutuskan untuk mengontrak di Surabaya, siapkanlah terlebih dahulu biaya sewanya.

Pertimbangkan lokasi

Orang-orang yang pindah ke Surabaya biasanya karena dua faktor, yakni urusan pekerjaan dan urusan pendidikan. Untuk lebih menghemat waktu dan biaya, pilihlah rumah kontrakan yang dekat dengan lokasi aktivitas sehari-hari Anda. Misal jika Anda seorang mahasiswa, kontraklah di daerah dekat universitas, jika Anda seorang pekerja, kontraklah di dekat tempat kerja Anda.

Dengan begitu waktu, tenaga, serta biaya tidak terbuang sia-sia karena aktivitas Anda bisa dilakukan dengan berjalan kaki. Selain memilih lokasi yang dekat dengan rutinitas, pilih pula lokasi yang bersih, aman, dan nyaman.

Lingkungan sekitar yang bersih pastinya membuat Anda nyaman mengontrak di sana. Begitu pula dengan lingkungan yang terhindar dari kejahatan, Anda tidak akan was-was berada di rumah dan selalu merasa aman.

Rumah dikontrakan di Surabaya cenderung berada di lokasi strategis, dekat dengan fasilitas umum, dekat akses transportasi umum, serta dekat dengan tempat hiburan, sehingga memudahkan Anda untuk mendapatkan sesuatu. Mau pergi kemanapun bisa dijangkau dengan jalan kaki yang pastinya tidak membutuhkan banyak waktu.

Pertimbangkan lingkungan sosial

Lokasi kontrakan yang strategis bukan berarti kontrakan yang dekat dengan lokasi perjudian, diskotek, dan tempat maksiat lainnya. Hindarilah lokasi semacam itu karena bisa berpengaruh terhadap diri Anda serta memberi pikiran negatif terhadap orang-orang yang mengenal Anda.

Lingkungan sangat berpengaruh, terutama jika Anda masih usia remaja, jadi hindarilah lokasi maksiat. Jangan hanya pilih lokasi yang dekat dengan tempat kerja atau tempat kuliah saja, namun Anda harus pastikan bahwa lokasi tersebut bukanlah markas perbuatan maksiat.

Ada baiknya Anda memilih rumah dikontrakan di Surabaya yang dekat dengan tempat ibadah, sehingga perbuatan maksiat semakin terhindari.

Pertimbangkan tingkat kebisingan

Tempat yang ramai tidak sepenuhnya baik, memang ramai adalah salah satu ciri lokasi strategis, namun jika tingkat kebisingan tersebut terlalu parah, maka akan membuat Anda tak nyaman, terutama di malam hari. Malam hari adalah waktunya beristirahat, ketenangan dan kenyamanan sangat dibutuhkan.

Jadi pilihlah lokasi rumah kontrakan yang jauh dari pasar, swalayan, serta jalan raya. Tempat-tempat semacam itupun membawa dampak lain selain kebisingan, yakni polusi udara. Polusi udara dalam jumlah banyak dan terus menerus bisa berdampak buruk pada kesehatan Anda.

Jadi, sebisa mungkin hindari kontrakan yang dekat dengan tempat bising dan banyak polusi.

Pertimbangkan ukuran rumah kontrakan

Ukuran rumah juga termasuk hal yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan rumah kontrakan. Surabaya memang kota yang besar namun padat, sehingga sebagian besar rumah berukuran sederhana, tidak begitu besar. Rumah kontrakan yang berukuran kecil biasanya memiliki harga relatif rendah, sedangkan ukuran yang lebih besar memiliki harga sewa lebih tinggi pula.

Anda harus sesusaikan ukuran rumah dengan kebutuhan serta budget yang ada. Apabila Anda mengontrak seorang diri, lebih baik pilih rumah dikontrakan di Surabaya yang berukuran kecil, sehingga lebih hemat biaya. Namun jika Anda mengontrak bersama keluarga kecil Anda, maka pilihlah rumah yang berukuran agak besar. Dengan begitu aktivitas sehari-hari bisa lebih leluasa.

Setidaknya ada dua kamar untuk rumah kontrakan yang dihuni oleh keluarga kecil. Selain kamar, ruangan lain seperti ruang tamu, dapur, kamar mandi, dan ruang keluarga haruslah menyesuaikan. Usahakan ukuran masing-masing ruangan tidak terlalu sempit dan tidak terlalu luas.

Pertimbangkan air

Tips memilih rumah dikontrakan di Surabaya selanjutnya adalah mempertimbangkan masalah air. Kota Surabaya termasuk kota padat yang memungkinkan terjadi kekurangan air di beberapa daerah. Untuk itu saat survey rumah Anda juga harus survey kondisi airnya serta tanyakan kepada tetangga sekitar rumah, apakah air di daerah tersebut lancar ataukah tidak.

Perhatikan pula kualitas airnya, pastikan air di rumah kontrakan tersebut jernih atau bersumber dari PDAM. Semewah apapun kontrakan, bila airnya tidak jernih dan tidak lancar, maka rutinitas Anda bisa terganggu. Tanyakan pula keadaan air saat musim kemarau, karena di musim kemarau sering terjadi kekurangan air bersih.

Itu dia berbagai tips yang harus Anda lakukan dalam memilih rumah dikontrakan di Surabaya. Tips tersebut diperlukan agar selama masa mengontrak Anda tidak merasa kecewa. Pada dasarnya kenyamanan tak hanya diperoleh dari bangunan rumah yang mewah saja, namun juga diperoleh dari kondisi lingkungan sekitar.

Pertimbangkanlah dengan bijak pemilihan rumah kontrakan, prioritaskan kebutuhan Anda serta sesuaikan dengan budget yang tersedia. Dengan begitu kebutuhan lain tetap bisa terpenuhi meski sudah digunakan untuk membayar biaya kontrak.