Kata Siapa Renovasi Kontrakan Butuh Biaya Banyak? Inilah Tips Renovasi Rumah Kontrakan Minim Biaya

Anda punya rumah kontrakan mewah dengan fasilitas memadai namun belum ada yang minat mengontrak di rumah tersebut? Minat atau keinginan setiap orang pastinya berbeda, tak hanya tentang rumah mewah dan fasilitas yang lengkap saja. Bisa jadi rumah kontrakan Anda berada di lokasi yang kurang strategis, sehingga tidak banyak orang yang tertarik.

Tips Renovasi Rumah Kontrakan Minim Biaya

Mungkin juga rumah Anda mengalami beberapa kerusakan serta desain yang kurang menarik. Ya, desain rumah sangat berpengaruh terhadap banyak tidaknya orang yang minat mengontrak di rumah Anda. Untuk mengatasinya, Anda harus lakukan renovasi rumah kontrakan. Hal ini dapat dilakukan apabila kontrakan Anda mengalami kerusakan, seperti bocor, retak, rapuh, atau bisa juga saat kontrakan perlu di desain ulang. Biaya renovasi rumah sendiri bisa sangat kecil, bisa pula lebih besar dari perkiraan.

Untuk meminimalisir biaya renovasi sendiri, Anda perlu melakukan hal-hal sebagai berikut:

Hitung rencana pengeluaran

Sebelum melakukan renovasi kontrakan, alangkah baiknya Anda menyusun biaya yang akan dikeluarkan. Mulai dari biaya pembelian material hingga biaya sewa tukang bangunan. Rencana pengeluaran harus diperhitungkan dengan bijak, jangan sampai biaya pengeluaran lebih besar dari rencana. Kemungkinan pengeluaran lebih besar dari rencana memang sering terjadi, oleh karena itu, lebih baik Anda menyiapkan biaya lebih dari rencana awal.

Dengan menyiapkan biaya lebih, maka Anda tidak akan kerepotan saat harus mengeluarkan biaya dadakan atau mendesak.

Prioritaskan titik renovasi

Prioritaskanlah ruangan atau sisi yang butuh direnovasi segera. Misalnya jika atap rumah kontrakan Anda bocor, renovasilah bagian atap yang mengalami kebocoran. Apabila rumah mengalami keretakan dinding, perbaikilah dinding tersebut. Jangan renovasi bagian yang tidak terlalu penting agar menghemat pengeluaran.

Apabila renovasi dimaksudkan agar tampilan rumah semakin menarik, Anda bisa bermain warna pada dinding rumahnya. Gunakanlah cat warna cerah yang elegan agar banyak orang yang tertarik mengontrak di rumah kontrakan Anda. Dengan begitu uang yang digunakan untuk merenovasi rumah tidak terlalu besar.

Survey toko bangunan

Untuk renovasi rumah kontrakan, tentunya Anda membutuhkan banyak matrial bukan? Matrial atau bahan bangunan tersebut tidak boleh dianggap sepele, perbandingkanlah kualitas serta harga bahan bangunan yang dibutuhkan. Anda bisa lakukan survey ke beberapa toko atau menanyakan kepada tukang bangunan tentang matrial yang murah namun berkualitas tinggi.

Matrial atau bahan bangunan yang berkualitas pastinya akan kuat, awet, dan tahan lama. Apabila Anda memilih matrial yang tepat dengan harga terjangkau, maka biaya yang diperlukan lebih sedikit.

Perhatikan faktor keselamatan

Renovasi dengan biaya murah bukan berarti mengesampingkan keselamatannya, justru faktor keselamatan harus Anda perhatikan dengan baik. Keselamatan sendiri bukan hanya dari tukang bangunannya saja, namun juga dari segi bahan bangunan dan arsitektur bangunannya.

Pastikan bahwa bangunan Anda ditangani oleh seorang professional agar bisa memperhitungkan keselamatan bangunan dengan baik. Bangunan yang menggunakan bahan-bahan berkualitas serta dibangun menggunakan teknik yang benar, tentu akan meminimalisir kerusakan. Setiap penghuni tentu akan merasa nyaman dan tidak was-was tinggal di kontrakan yang dibangun secara professional dan mengutamakan keselamatan.

Gunakan jasa kontraktor

Apabila rumah kontrakan yang akan direnovasi dalam ukuran besar atau dalam jumlah rumah yang banyak, Anda bisa gunakan jasa kontraktor atau pemborong. Jasa kontraktor tersebut lebih meringankan beban Anda serta lebih menghemat biaya. Mengapa? Ya, karena segala sesuatu yang berhubungan dengan renovasi rumah akan diatur oleh jasa kontraktor atas persetujuan Anda.

Jasa kontraktor mengurus mulai dari pemilihan bahan bangunan atau matrial, pembelian bahan bangunan, hingga proses renovasi selesai. Dalam memilih jasa kontraktor untuk renovasi rumah kontrakan Anda, haruslah berhati-hati. Pastikan jasa tersebut terpercaya, professional, dan pastinya jujur. Jadi, Anda tidak akan mengalami kerugian perihal renovasi rumah.

Manfaat barang bekas

Jika ada beberapa bahan bangunan yang sudah tak terpakai namun masih layak pakai, ada baiknya Anda memanfaatkan bahan bangunan tersebut. Misalnya jika ada seng lama, namun masih kuat, tempatkanlah seng tersebut pada bagian atap yang bocor. Anda tak perlu membeli seng yang baru, sehingga biaya yang dikeluarkan lebih sedikit.

Selain seng, Anda bisa juga memanfaatkan kayu atau kusen yang sudah tak terpakai, namun pastikan kayu tersebut masih kuat dan tidak rapuh. Ya, sebelum menggunakan bahan bangunan bekas untuk renovasi rumah kontrakan, pastikan bahan-bahan tersebut masih kuat, sehingga keselamatan penghuni rumah terjamin.

Itu dia beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk meminimalisir biaya renovasi kontrakan. Tips di atas akan membuktikan kepada Anda bahwa biaya renovasi rumah kontrakan tidak sebesar yang Anda bayangkan. Apabila rumah kontrakan yang akan direnovasi dalam jumlah besar dan banyak, gunakanlah jasa kontraktor agar lebih efektif, menghemat biaya serta tenaga.