Ketahuilah Kriteria Memilih Kontrakan Yang Baik Agar Merasa Nyaman Selama Masa Kontrak

Ketahuilah Kriteria Memilih Kontrakan Yang Baik Agar Merasa Nyaman Selama Masa Kontrak

Rumah kontrakan menjadi alternatif yang tepat bagi beberapa orang, terutama untuk seorang perantau. Rumah kontrakan adalah hunian sementara yang bisa dibilang menguntungkan pasalnya Anda tak harus membayar pajak rumah karena status Anda hanya penyewa. Sementara biaya pajak rumah atau PBB hanyalah dibayar oleh pemilik rumah.

Selain itu, Anda hanya perlu membayar biaya sewa setiap periode yang telah ditentukan, bisa per bulan, bisa pula per tahun. Berbeda dengan membeli rumah yang membutuhkan biaya cukup besar, mengurus surat perjanjian ini itu, serta jika ingin kredit cicilannya pun tidak kecil.

Oleh karena itu banyak orang yang memilih untuk sewa rumah atau kontrak. Namun jangan sampai Anda salah dalam memilih rumah kontrakan sehingga membawa penyesalan selama masa mengontrak.

Untuk itu Anda perlu mengetahui beberapa kriteria memilih kontrakan seperti di bawah ini:

Dekat dengan aktivitas rutin

Pilihlah rumah kontrakan yang dekat dengan aktivitas sehari-hari Anda. Misal jika Anda bekerja, maka pilihlah kontrakan yang dekat dengan kantor Anda, begitu pula jika Anda seorang mahasiswa, pilihlah kontrakan yang dekat kampus. Dengan begitu Anda bisa melakukan aktivitas sehari-hari dengan mudah dan cepat.

Di samping itu, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya banyak karena bisa menjangkau tempat kerja atau kampus dengan jalan kaki, tanpa perlu menggunakan transportasi umum ataupun kendaraan pribadi.

Dekat dengan tempat ibadah

Tempat ibadah menjadi salah satu kriteria memilih kontrakan, ya, alangkah lebih baiknya jika Anda memilih rumah kontrakan yang dekat dengan tempat ibadah, terlebih lagi jika Anda seorang muslim. Ibadah harus diprioritaskan, sehingga usahakan rumah Anda dekat dengan tempat ibadah agar bisa ditempuh dengan jalan kaki.

Pilihlah lingkungan yang bersih

Sangat penting bagi Anda untuk memilih rumah hunian yang kondisi lingkungannya bersih. Dengan lingkungan sekitar yang bersih, maka Anda akan merasa nyaman tinggal di sana, begitu pula bagi setiap tamu yang berkunjung ke rumah. Meskipun rumah kontrakan bersifat sementara, namun Anda tetap harus memilih lokasi yang bersih serta terhindar dari bau selokan, bau sampah, dan limbah pabrik.

Pastikan lingkungan aman

Lingkungan yang aman pun termasuk dalam kriteria memilih kontrakan. Dengan lingkungan yang aman, jauh dari tindakan kriminal, pencurian, dan sebagainya, maka Anda pun tidak perlu merasa was-was. Dengan kondisi lingkungan yang aman pula, kerugian dapat diminimalisir, misalnya tidak akan ada pencurian atau sesuatu yang hilang di rumah Anda.

Selain itu, lingkungan yang aman juga termasuk lingkungan yang terhindar dari bencana alam, seperti longsor, banjir, dan lainnya.

Harga sewa terjangkau

Dalam memilih rumah kontrakan, sebaiknya jangan hanya memikirkan kenyamanan, keamanan, dan keindahan rumahnya saja, tapi Anda harus mengutamakan masalah harga. Sesuaikanlah harga sewa kontrakan dengan kondisi finansial Anda. Apabila menginginkan rumah kontrakan yang harganya menengah ke bawah, maka pilihlah kontrakan sederhana, dengan fasilitas seadanya.

Perlu Anda ketahui, rumah kontrakan hanya bersifat sementara, jadi alangkah lebih baiknya pilih kontrakan yang sederhana namun murah harganya. Dengan demikian Anda bisa menyisihkan uang untuk membeli rumah hak milik sendiri.

Lokasi yang ramai untuk buka usaha

Jika rumah kontrakan Anda sekaligus untuk membuka usaha kecil-kecilan, maka lokasi yang ramai termasuk dalam kriteria memilih kontrakan. Anda juga bisa memilih toko khusus yang dikontrakkan, sehingga digunakan khusus untuk membuka usaha, bukan tempat hunian.

Pilihlah lokasi strategis, ramai, atau di pinggir jalan raya, dengan begitu banyak konsumen yang mendatangi toko Anda. Usaha Anda juga akan semakin maju apabila tempat yang dipilih cukup ideal.

Pertimbangkan fasilitas yang tersedia

Kriteria memilih kontrakan yang tepat selanjutnya adalah mempertimbangkan fasilitas yang ada. Anda tidak perlu memilih kontrakan yang mewah, cukup pilih saja kontrakan yang fasilitasnya memadai.

Perhatikan ketersediaan air bersih, kondisi listrik, kondisi kamar mandi, dan ruangan lainnya. Pastikan bahwa keadaan kontrakan tersebut nyaman bagi Anda sehingga bisa betah dan nyaman berada di rumah.

Dengan memperhatikan kriteria memilih kontrakan yang baik, entah itu berupa rumah, toko, maupun ruko, maka Anda tidak akan menyesal selama masa kontrak tersebut.