Ingin Betah Tinggal Di Kontrakan ? Yuk Ikuti Tips Memilih Dan Menciptakan Rumah Kontrakan Nyaman

Ingin Betah Tinggal Di Kontrakan ? Yuk Ikuti Tips Memilih Dan Menciptakan Rumah Kontrakan Nyaman

Harga tanah dan bangunan yang semakin melejit menjadi alasan sebagian orang untuk memilih rumah kontrakan sebagai tempat tinggal. Harga rumah kontrakan tentu lebih terjangkau dibanding membeli rumah hak milik. Di samping itu, penyewa atau pengontrak tak perlu membayar pajak PBB per tahun karena pajak tersebut menjadi kewajiban pemilik rumah kontrakan.

Meski begitu, Anda sebagai penyewa tetap mengeluarkan biaya sewa setiap bulan atau setiap tahunnya. Nah, agar tidak merasa kecewa atas apa yang telah dibayarkan, sebelumnya Anda harus mempertimbangkan dengan bijak dalam pemilihan rumah kontrakan.

Pastikan kontrakan nyaman, aman, dan bersih, sehingga membuat Anda betah tinggal di sana. Apabila kenyamanan dan keamanan didapat, tentu tidak ada kekecewaan terhadap pembayaran sewa kontrakan.

Untuk memastikan bahwa kontrakan yang akan dihuni aman dan nyaman, perhatikanlah tips berikut ini:

Cek kondisi rumah

Lakukanlah pengecekan kondisi rumah kontrakan yang akan disewa, pastikan bahwa rumah tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda. Apabila Anda sudah berkeluarga, alangkah lebih baiknya memilih rumah kontrakan yang berukuran agak besar, sehingga lebih leluasa dalam beraktivitas. Namun jika status Anda masih single, cukup pilih rumah kontrakan yang berukuran kecil saja agar tidak boros dalam pengeluaran biaya.

Selain ukuran, Anda harus mengecek keadaan bangunannya, apakah benar-benar kuat dan aman bagi penghuni ataukah ada beberapa kerusakan. Kerusakan bangunan tentu membuat penghuni selalu merasa was-was dan tidak nyaman berada di dalamnya. Maka sangat penting bagi Anda melakukan cek kondisi bangunan serta ukuran rumah kontrakan sendiri.

Cek pasokan air dan listrik

Kontrakan nyaman bisa hadir karena pasokan air yang memadai serta kondisi listrik. Anda bisa menanyakan kepada pemilik rumah kontrakan atau kepada warga sekitar mengenai air dan listrik. Pastikan air di daerah tersebut lancar dan tidak sering terjadi pemadaman listrik.

Ya, air dan listrik adalah salah satu kebutuhan primer yang tak bisa dihindari, sehingga penting bagi Anda mengecek kondisi air listrik pada rumah kontrakan yang akan disewa. Lebih baik memeriksa secara detail sebelum menyesal selama masa kontrakan.

Pastikan kondisi lingkungan nyaman

Selain memeriksa bagian rumah kontrakan, Anda juga harus memeriksa dan memastikan bahwa kondisi lingkungan sekitar cukup nyaman. Kenyamanan bisa diperoleh dari kebersihan lingkungan, misalnya selokan tidak berbau dan tempat pembuangan sampah jauh dari rumah.

Selain kebersihan, pastikan pula kontrakan nyaman karena tingkat keamanan daerah sekitar cukup tinggi. Lingkungan yang jauh dari tindakan kriminal seperti pencurian, perampokan, dan pelecehan, tentunya membuat Anda merasa aman tinggal di sana.

Pastikan akses jalan mudah

Untuk mendapat kontrakan nyaman tak hanya melihat dari segi bangunannya saja, namun perhatikan pula akses menuju rumah tersebut. carilah rumah kontrakan yang memiliki jalan cukup luas, sehingga bagi Anda yang memiliki kendaraan bermotor bisa leluasa keluar masuk kontrakan tanpa ribet.

Nilai plus kenyamanan bisa diperoleh dari rumah kontrakan yang dekat dengan sekolah, layanan kesehatan, atau pusat perbelanjaan. Jadi selain akses jalan, Anda harus mempertimbangkan lokasi strategis rumah kontrakan yang nantinya memberi rasa nyaman dalam segala aktivitas.

Perhatikan kebersihan rumah dan lingkungan

Percuma saja bila Anda memilih rumah yang bersih namun saat perawatannya kebersihan tersebut tidak diterapkan. Kebersihan harus tetap dijaga agar kontrakan nyaman dirasakan oleh setiap penghuni serta tamu yang berkunjung. Dengan rumah dan lingkungan yang selalu bersih, maka Anda akan merasa betah dan ingin berlama-lama berada di rumah kontrakan.

Dengan bersihnya rumah juga, penghuni bisa beristirahat lebih tenang, rileks, dan terhindar dari stress. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk menjaga kebersihan misal dengan menyapu sehari dua kali, membuang sampah di tempat pembuangan sampah secara rutin, membersihkan selokan agar tidak bau, dan sebagainya.

Jangan terlalu banyak membeli barang

Membeli barang terlalu banyak dapat berpengaruh pula terhadap kebersihan rumah. Ruangan menjadi tak tertata bila Anda membeli barang terlalu banyak, barang semakin menumpuk dan ruangan menjadi sempit. Hal tersebut juga membuat proses membersihkan rumah terasa lebih sulit karena tidak semua debu kotoran terjangkau oleh sapu.

Belilah barang seperlunya saja, prioritaskan kebutuhan, dan jika perlu belilah barang yang multifungsi. Dengan begitu biaya yang dikeluarkan tidak begitu besar serta ruangan tetap terkesan lapang. Ruangan yang luas dengan barang tertata rapi, tentu akan memudahkan Anda dalam membersihkan rumah, juga membuat siapapun yang berada di dalam rumah merasa nyaman.

Jadi, kontrakan nyaman sebenarnya tak hanya soal kondisi bangunannya saja, namun juga kondisi lingkungan sekitar, dan kondisi akses jalan. Selain itu, kenyamanan bisa Anda ciptakan dengan cara tetap menjaga kebersihan baik di dalam maupun di luar rumah. Kebersihan dan kerapian menjadi cara ampuh untuk memperoleh rumah kontrakan nyaman.